Selamat Datang

Selamat datang para pengunjung... Silahkan download formulir dan materi yang tersedia di blog ini.

Kamis, 21 Mei 2015

Be a Successful Project Manager

Seringkali jika ada suatu pekerjaan yang sifatnya project dan anak TI ditanya "Siapa yang mau jadi project managernya?" Biasanya tidak ada yang mau. Atau malah tunjuk-tunjukan. Alasannya banyak. Yang ini lah yang itu lah.... Kenapa begitu?


Project sudah identik sebagai suatu aktivitas yang kompleks. Punya banyak konstrain (waktu, sumberdaya, deliverable, dll). Harus buat report ini itu. Keputusan ini itu. Dan yang lebih mengerikan lagi adalah mengendalikan SDMnya. Itu yang seringkali menghantui pikiran seorang calon project manager. Trus bagaimana? Berarti seorang project manager haruslah orang yang berkharisma, tegas, berwibawa, memiliki jiwa leadership, cerdas, cermat, efisien, produktif, dll dong...
Jika kita hanya menunggu orang dengan kualifikasi tersebut yang dapat menjadi project manager, maka mungkin project tersebut akan terjadi 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun lagi.

Wah trus bagaimana?
Jurusan Teknik Industri mengadakan pelatihan bagi  mahasiswa dengan judul "Be a successful Project Manager". Pada pelatihan tersebut mahasiswa akan belajar bagaimana mengelola project secara lebih scientific. Mahir mengaplikasikan tools yang sudah dipelajari selama kuliah ke dalam pengelolaan project. Mahasiswa akan dilatih menggunakan software Microsoft Office Project untuk meringankan beban-beban administratif seperti pembuatan report, jadwal, dll. Sehingga seorang project manager dapat lebih fokus dalam melakukan pengelolaan project.

Loh kalo di Teknik Industri memangnya ada pekerjaan project?
Project memang identik dengan teknik sipil, bangunan. Tetapi jangan salah, dalam lingkup Teknik Industri yang meliputi perancangan sistem kerja, perancangan produk, perancangan tata letak pabrik, dll itu semua adalah project. Bahkan, penulisan skripsi pun merupakan project. Engineer tidak pernah terlepas dari pekerjaan yang sifatnya project.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari 6 dan 13 Mei 2015 ini memberikan wawasan bagi mahasiswa bagaimana membuat perencanaan hingga pengelolaan project. Sehingga mahasiswa tidak lagi mengalami tekanan batin saat menjadi project manager. Harapannya, dalam 5 jam pelatihan semua mahasiswa sanggup menjadi project manager yang handal dan tidak perlu menunggu lagi untuk menjadi berkharisma dan berwibawa. Setiap orang pasti bisa menjadi seorang project manager yang baik. Dan yang terpenting dari setiap project yang sudah kita jalani akan menjadikan kita lebih berpengalaman. Karena kita mendapatkan lesson learned dari project tersebut. Setiap project itu unik sama seperti manusia yang unik. Tidak ada yang pernah benar-benar sama sekalipun saudara kembar.


Sampai ketemu di pelatihan selanjutnya.....
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar