Selamat Datang

Selamat datang para pengunjung... Silahkan download formulir dan materi yang tersedia di blog ini.

Jumat, 11 Maret 2016

Study Tour 2016: Industri Agro

Fakultas Teknik Unika Widya Mandala Surabaya punya segudang aktivitas untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia kerja yang nyata. Mahasiswa dapat sedini mungkin, membayangkan akan jadi apa mereka kelak. Hal-hal apa saja yang bisa mereka lakukan setelah selesai menimba ilmu.




Pada hari Jumat, tepatnya tanggal 12 Februari 2016, mahasiswa teknik industri angkatan 2015 diajak melihat perkembangan industri agro di Jawa Timur. Itu adalah pertama kalinya mahasiswa bagi mahasiswa angkatan 2015 melihat secara langsung dunia industri. Mahasiswa teknik industri belajar tentang bagaimana model bisnis industri agro, bagaimana supply chain pada industri agro, bagaimana pengendalian kualitas dilakukan, dan masih banyak hal lain yang terkait dengan apa yang didapat selama kuliah.


Industri yang dikunjungi adalah pabrik pupuk organik. Pupuk organik menggunakan bahan baku yang berasal dari kotoran ternak. Di pabrik pupuk organik, mahasiswa belajar bagaimana proses produksi pupuk organik. Setelah dari pabrik pupuk, mahasiswa diajak ke peternakan ayam petelur. Yang menarik adalah salah satu bahan baku pupuk organik adalah kotoran ayam. Sehingga mahasiswa bisa belajar mengenai hubungan antar industri. Kotoran ayam yang menjadi limbah bagi peternakan dapat menjadi bahan baku bagi industri lain.


Peternakan ayam petelur tersebut menangani lebih dari 80.000 ekor ayam petelur. Mahasiswa belajar bagaimana proses perencanaan stok untuk makanan ayam-ayam tersebut, bagaimana merotasi ayam yang sudah tidak produktif dengan ayam baru, menjadwalkan pemberian makanan, pengambilan telur, pemberian vaksin, dan masih banyak informasi yang dapat mereka gali.


Setelah puas melakukan observasi, di sore hari mahasiswa disuguhi buah durian yang begitu lezat. Makan buah durian, di peternakan ayam, diiringi hujan rintik-rintik... Ahhh, betapa nikmatnya!
Begitu buah-buah durian habis, berarti sudah waktunya kembali ke kampus untuk bersiap melanjutkan rutinitas kuliah di hari Senin.


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar